Informasi

Tiga Ancaman Penyakit akibat Perubahan Iklim

Bakteri Muncul Akibat Perubahan Iklim

Bakteri Muncul Akibat Perubahan Iklim

Kamis, 3 Maret 2011 | 09:46 WIB
Bakteri dengan gen New Dehli-Metallo-1 (NDM-1).

Penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa pemanasan global dapat memengaruhi kesehatan. Berbagai penyakit bermunculan, sebagian besar disebabkan oleh mikroba, bakteri, dan ganggang. Ilmuwan telah memperkirakan akan bertambahnya tingkat kematian karena gelombang panas, bencana alam, dan malaria.

Beberapa ilmuwan yang dibiayai oleh The Ocean and Human Health Initiative dari The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) akan mengidentifikasi risiko penyakit karena pemanasan global. Hasilnya seperti berikut ini.

1. Kontaminasi makanan laut oleh ganggang beracun

Ganggang merah yang menyebabkan zona mati di laut berkembang dengan pesat seiring dengan pemanasan global, khususnya di utara Amerika. Hal ini diungkapkan oleh Stephanie Moore dari NOAA. Ganggang Alexandrium catenella yang memproduksi racun dapat mengontaminasi makanan yang berasal dari laut dan mengakibatkan kelumpuhan—bahkan kematian, meskipun langka—pada manusia.

Dengan menghitung suhu air dan peningkatan suhu global, Moore dan rekannya di Universitas Washington menggambarkan bagaimana ganggang dapat berkembang pesat. “Musim mekar ganggang beracun bertambah panjang dan jumlah ganggang yang mekar tiap musim pun bertambah,” ungkap Moore. “Sekarang, musim mekar ganggang tersebut selama dua bulan, tetapi pada tahun yang akan datang, jangka waktu mekar pun akan bertambah menjadi tiga bulan,” tambahnya.

2. Ledakan bakteri berbahaya

Perubahan iklim menyebabkan wilayah yang lembab akan menjadi lebih lembab, sedangkan  wilayah kering semakin kering. Fenomena ini akan mengakibatkan debu-debu beterbangan dan biasanya akan berakhir di lautan. Debu-debu mempercepat perkembangan bakteri yang membahayakan dan bakteri tersebut berakhir di makanan laut.

Erin Lipp dan Jason Westrich dari Universitas Georgia telah menemukan bahwa Gurun Maroko dapat mempercepat perkembangbiakan Vibrio, sejenis bakteri laut. Uji coba dilakukan dengan memasukkan debu dari Maroko ke air laut di Florida. Hasilnya, pertumbuhan Vibrio meningkat sebanyak 10 hingga 1.000 kali lipat. Ilmuwan menemukan bahwa zat besi yang terkandung di dalam debu-debu itulah yang mengakibatkan perkembangbiakan.

3. Sistem pembuangan mencemari air minum

Sandra McLellan dari Universitas Wisconsin-Milwaukee telah meneliti bahwa peningkatan curah hujan memengaruhi sistem pipa pembuangan di sekitar Great Lakes. Di Wisconsin, pertumbuhan penduduk memaksa penambahan pada kapasitas sistem pipa pembuangan yang ada. Pada saat terjadi badai, air di pembuangan akan melimpah dan membanjiri danau. Tentu saja air pembuangan ini mengandung bakteri dan virus.

Hanya dengan 4,3 cm curah hujan, air langsung melimpah dan membanjiri sungai. McLellan mengatakan, setengah abad mendatang, volume curah hujan akan meningkat sampai 20 persen. “Bukanlah perubahan iklim yang mengakibatkan masalah baru. Kita sudah bermasalah dengan hal ini. Namun, saat kita ingin mencegah hal skenario buruk itu terjadi. Kita sudah terdahului oleh pemanasan global dan pertumbuhan penduduk,” tambah McLellan.

Iklan
  1. 18 Januari 2011 pukul 10:10

    SYARAT PILOT UMUM YANG BIASA DITERAPKAN DI INDONESIA

    1.) Untuk flying school seperti STPI Curug,Penerbangan Militer biasanya hanya menerima lulusan SMU IPA
    sedangkan untuk flying school swasta dan beasiswa pilot biasanya menerima lulusan setingkat SMU (SMK,MTS)
    2.) biasanya akan menargetkan minim panjang kaki dari pangkal paha 100cm
    2.) harus lulus tes kesehatan meliputi jantung,mata dll.
    3.) Harus lulus test bahasa inggris yang diadakan flying school tersebut.(bahasa inggris sangat menentukan)
    4.) Pengetahuan umum Penerbangan.
    5.) Cepat dalam berkalkulasi matematik dan fisika.
    6.) Biasanya bila sudah lulus semua persyaratan diatas,calon siswa akan diajak terbang oleh instruktur untuk mengetahui takut tidaknya siswa akan ketinggian dan juga syaraf motorik siswa,serta tanggapnya siswa akan persoalan yang biasa diberikan instruktur kepada calon penerbang.
    Test tersebut biasa disebut (altitude test)

    APAKAH MADSUD DARI PPL + CPL+ IR + ME + ATPL + VFR

    Terima kasih sebelumnya atas pertanyaan dari Gofur Adrian dari SMUN 2 Solo ke email penerbanganbogor@yahoo.com
    Redaksi akan menjawab sesuai kemampuan,semoga memuaskan.

    Seperti halnya profesi lain, pilot juga mempunyai beberapa tingkatan ijin. Ini terkait dengan kemampuan dan jam terbang pilot bersangkutan. Secara umum lisensi pilot terdiri dari PPL, CPL, ATPL.

    PPL (Private Pilot License)
    PPL adalah lisensi paling dasar bagi pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk kepentingan sendiri dan tidak diperbolehkan membawa penumpang dan dibatasi pada pesawat bermesin tunggal. Selain itu pilot yang hanya mempunyai lisensi PPL hanya diperkenankan terbang pada siang hari dan tidak terbang untuk dibayar (non komersial). Di Indonesia PPL mensyaratkan jam terbang sejumlah 60 jam terbang.

    CPL (Commercial Pilot License)
    Pemegang lisensi CPL diperkenankan menerbangkan pesawat bermesin tunggal, diperkenankan membawa penumpang (berbayar atau tidak) dan diperkenankan untuk penerbangan komersial tanpa kru (sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara bahkan instruktur terbang). Selain itu juga diperkenankan untuk terbang pada malam hari. CPL adalah syarat minimal pilot komersial. Di Indonesia CPL mensyaratkan 200 jam terbang.

    ATPL (Airline Transport Pilot License)
    ATPL adalah tingkatan tertinggi kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini juga diperkenankan menerbangkan pesawat dengan kru (dua kru atau lebih), pesawat dengan penumpang/kargo besar. ATPL mensyaratkan 1500 jam terbang. Selain lisensi, seorang pilot biasanya juga memiliki sertifikat rating untuk menunjukkan kualifikasi tertentu yang dimiliki pilot bersangkutan. Rating ini meliputi ME, IR, dan rating untuk tipe pesawat. Kualifikasi

    ME (Multi Engine) kualifikasi lisensi ini diperlukan jika pilot akan menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.

    IR (Instrument Rating)
    kualifikasi diperlukan pada penerbangan malam atau penerbangan ada jalur IFR (Instrument Flight Rule). Jalur IFR adalah jalur penerbangan yang tidak bisa dilakukan dengan navigasi visual (misalnya penerbangan lintas samudra), melainkan dengan bantuan beacon radio di darat. Sedangkan pada penerbangan visual atau dikenal dengan

    VFR(Visual Flight Rule)
    pilot bisa mengandalkan gunung, danau, sungai, gedung sebagai bantuan navigasinya. Masih ada Type Rating, yaitu kualifikasi khusus untuk menerbangkan jenis pesawat tertentu. Misalnya pilot yang biasa menerbangkan pesawat keluaran airbus (seri A340-200, 300, 500, 600) harus meratifikasi lagi kualifikasinya jika akan menerbangkan pesawat Boeng meski seri 737-200. Jadi menjadi seorang pilot tidak bisa dengan cara yang cepat dan gampang. Kualifikasi dan kemampuan yang tinggi tetap diperlukan.

    HAL-HAL YANG BIASA DILAKUKAN CALON PENERBANG BILA INGIN MENJADI PILOT

    Untuk menjadi seorang penerbang/pilot tidak segampang seperti yang kita bayangkan,karena kita menempuh banyak license untuk menerbangkan pesawat berpenumpang dan juga harus sesuai type Rating pesawat yang ingin kita kendarai.

    Hal yang perlu diperhatikan bila kita sudah memutuskan untuk menjadi seorang pilot adalah :

    1.) Kita harus menentukan setelah lulus SMU atau setingkat SMA lainnya SMK dll,sesuaikanlah kemampuan anda terhadap jalan yang anda akan lalui untuk mengambil PPL (Private pilot license) dalam artian sesuai kemampuan cost dan kemampuan kesehatan anda.
    Bila anda memang tidak siap dalam cost anda dapat mencoba ikut beasiswa sekolah pilot yang banyak diadakan oleh maskapai penerbangan indonesia atau penerbangan militer,gratis (dengan catatan peserta yang banyak dan test yang ketat)
    Bila anda mempunyai cost tapi tidak banyak,anda dapat mencoba mendaftar di STPI Curug dulu PLP curug (dengan catatan test yang ketat dan peserta yang banyak)

    2.) Bila anda mempunyai cost anda dapat memilih sekolah penerbang di indonesia atau diluar Negri biasanya dalam test tidak serumit sekolah penerbang yang gratis dan berbiaya kecil.saya menyarankan di luar negri karena bisa sekalian part time,kerja diluar jam sekolah pilot.

    3) Siapkanlah fisik anda dan juga pelajari cara cepat berkalkulasi matematik dan fisika,dan yang tidak kalah penting adalah bahasa inggris.

    MENGAPA SEORANG LULUSAN SMK TIDAK BISA MENJADI PILOT

    Memang pada awal dibukanya sekolah penerbang sipil maupun militer di indonesia,untuk menjadi seorang penerbang adalah harus dari lulusan
    SMA A1 (IPA) tanpa alasan yang jelas mengapa harus seperti itu,setelah diselidiki ternyata alasannya adalah sesuai dengan CASR part 61 yang menjelaskan seorang calon penerbang harus dari lulusan its must be a high school graduated tanpa menjelaskan jurusan apa…??? Lalu mengapa ketika dulu seorang lulusan STM-SMT-SMK daftar tidak di terima di indonesia karena alasan bukan lulusan SMA-SMU (IPA).

    Karena adanya pengecualian tersebutlah seorang lulusan STM meminta ijin visa sekolah,ke kedutaan Amerika (permitt education visa) untuk bersekolah penerbang di negeri paman sam.betapa kagetnya saya ternyata sekolah penerbang di America tidak sesulit syarat izin bersekolah penerbang di Indonesia,walaupun seorang lulusan STM,bahkan mereka berujar disini malah lebih banyak petani yang belajar terbang dan pelajar mahasiswa yang mengisi liburan musim panas,dan dia berujar pula bahwa yang dimadsud dengan lulusan senior high school pada CASR rmadsudnya adalah hanya lulusan,setingkat lulusan SMA bukan hanya SMA saja….????
    Ternyata selain alasan pesawat cessna sekalipun merupakan barang mewah di indo ,dephub pun berujar hanya lulusan SMA IPA yang bisa ber
    kalkulasi cepat dalam berhitung matematik dan Fisika.

    1) Banyak orang beranggapan bahwa menjadi penerbang tidak boleh memakai kaca mata (minus)…????
    sebetulnya seorang yang menyekolahkan atau dalam artian sekolah pilot gratis,sekolah pilot murah tentunya ingin mendapatkan calon2 pilot yang benar2 terbaik,maka tentunya mereka membuat aturan seperti itu.
    karena hanya sekolah2 pilot yang gratis yang sering diadakan oleh airline indo dan murah serta penerimaan penerbang/pilot militer yang biasanya mengetatkan dalam penerimaan siswa-taruna didiknya.
    karena diluar negri seorang calon siswa pilot boleh memakai kacamata hanya ada batasan (-) minus untuk menjadi seorang calon siswa disana.

    INFO SEKOLAH PENERBANG/PILOT BARU DI INDONESIA

    sharing info Flying school baru :
    1. Merpati Pilot school, home base Juanda Airport Surabaya, Pesawat C-172 sebanyak 5 unit jumlah siswa 20 per-angkatan. info lebih lanjut kantor pusat Merpati kemayoran lantai 11.
    2.Aviation Academy, home base Selaparang Airport Lombok. Pesawat Liberty – 22 sebanyak 2 unit, Cirrus 2 unit. info lebih lanjut dateng aja ke Terminal building lantai 2 Halim Airport.
    3. Susi flying school , home base Nusa Wiru Airport, Pangandaran, Ciamis Pesawat DA-40 ( single engine ) dan DA -42 ( ME ) info lebih lanjut dateng aja ke Halim Terminal Building Lantai 2

    SUSAHKAH UNTUK MENJADI SEORANG PENERBANG (PILOT)…????

    Terbang Melayang layang mengawaki pesawat cessna-150 dari ketinggian 7500 kaki bagi sebagian orang adalah
    peristiwa menguatirkan,namun bagi para pencinta dirgantara,berada di bawah awan putih berpaut dengan gumpalan
    langit biru bebas,merupakan posisi terindah menikmati pemandangan kota dan alam sekitarnya.

    Jika sebelumnya hanya mereka yang lulus seleksi sebagai penerbang di pusat pelatihan penerbangan PLP CURUG
    sekarang STPI CURUG saja yang boleh mengawaki pesawat ,sekarang pencinta dirgantara pun beroleh kesempatan
    serupa di deraya flying school di Halim Perdana Kusumah jakarta timur.

    Setelah mendartarkan diri calon siswa akan di tes terbang terlebih dahulu.Dalam artian seorang calon siswa akan di ajak terbang oleh seorang instruktur,untuk menentukan dia berbakat atau tidak dan bisa tidaknya calon siswa mengatasi ketakutan atas ketinggian dan fungsi syaraf motoriknya.jika pada tes pertama gagal calon akan dinyatakan
    gugur & itupun klo siswa telah lulus test kesehatan bhs inggris dan bayar uang administrasi.

    flying school sendiri bertujuan menuntun agar siswa menjadi penerbang profesional,walaupun sekolah ini ber
    prinsip semua orang bisa menjadi penerbang.
    Persyaratan yang mesti di penuhi pun tidak termasuk sulit,selain warga negara indonesia dan berijasah setingkat SMA
    dan juga menerima lulusan S1,insinyur dan juga yang pernah bekerja, serta harus lulus tes kesehatan yang meliputi tes
    mata,jantung dan bahasa inggris,panjang kaki minimal harus100cm.
    Sekali lagi bahasa inggris berperan penting dalam kelulusan test sebagai seorang penerbang,walaupun dalam penyampaian belajar menggunakan bahasa ind tapi semua buku pelajaran menggunakan bahasa inggris dan dalam komunikasi antara pilot dan penjaga menara (tower guard) di seluruh dunia menggunakan bahasa inggris apalagi semua instrument di cockpit pun tidak ada yg menggunakan bahasa indonesia.

    Untuk siswa yang sudah lulus DFS menyiapkan pesawat latih jenis cessna 150,cessna 172,cessna 206 dan 402………
    dan sebagai gambaran biaya sekolah disini 1,2 juta per jam total waktu yang dibutuhkan sampai komplit 150 jam jadi total biaya yang keluar 180 jt.
    Tetapi bila anda ingin menjadi penerbang dengan cost yang minim atau mungkin tanpa cost anda dapat test di STPI curug,dan test di perusahaan penerbangan yang ingin membiayai untuk sekolah penerbang (pilot) dengan catatan test yang agak sulit…?????
    Tapi jangan khawatir banyak perusahaan penerbangan di indonesia yang mengadakan test buat sekolah penerbang
    gratis,walaupun banyak yang mendaftar mungkin ribuan orang,tapi mencoba tidak ada salahnya.
    Karena kita sudah mempunyai basic tentang pengetahuan penerbangan,dan kebanyakan para peserta test
    kalah dalam test bahasa inggris dan pengetahuan dunia penerbangan,Makanya pesan saya,Bahasa inggris itu benar
    benar sangat penting buat kalian,dan klo bisa ikuti bimbingan test bahasa inggris di luar jam sekolah.walaupun di sekolah kita bisa 4 jam belajar bahasa inggris.
    Tahun Terakhir ini perusahaan Penerbangan yang mengadakan test sekolah penerbang gratis adalah ;
    Lion Air,Adam air,Garuda indonesia,Sriwijaya air. dan ada kemungkinan 2008 ini giliran perusahaan penerbangan
    baru Lorena Air yang akan mengadakan sekolah penerbang gratis,Tunggu aja informasinya oke.

  2. 18 Januari 2011 pukul 10:10

    Wih bagus sekali Informasinya . .
    terimakasih telah dijelaskan!! ^_^

  3. 18 Januari 2011 pukul 10:10

    Mengenai sekolahnya dan biayanya, berapa lama dan berapa biayanya???

  4. 18 Januari 2011 pukul 10:10

    Untuk itu anda bisa cek di web sitenya alfa flying scool!!!
    ok

  5. 18 Januari 2011 pukul 10:10

    Wadu2 . . . . Ngomongin apa itu????

  6. 18 Januari 2011 pukul 10:10

    Ha . . . . . Ha . . . Ha . . . .
    ternyata jailani gak nyambung!!!!

  7. 3 Mei 2012 pukul 10:10

    ini akibat pemanasan global,, yg menyebapkan perubahan iklim yg tidak teratur, dan tidak menutup kemungkinan karea pola hidup yg serba instan dan tdk sehat.

  1. 30 Juli 2014 pukul 10:10

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: