Logika dan Algoritma

DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Pengantar
  • —Pemrograman  ->  Penting
  • —Komputer  -> Alat Bantu yang “tidak pintar”
  • —Perlu adanya serangkaian instruksi – instruksi yang dapat dipahami.
  • —Untuk menghasilkan program yang benar :
  • —Program yang ditulis, harus bebas dari kesalahan sintaks (tata cara penulisan).
  • —Program harus bebas dari kesalahan logika.
Algoritma
  • —Asal  kata  Algoritma  berasal  dari  kata algoris dan ritmis.
  • —Pertama kali diungkapkan oleh   Abu  Ja’far  Mohammed  Ibn  Musa  al-Khowarizmi, ilmuan  Persia  yang  menulis  kitab  Al  Jabr  Wa’al-Muqabla  (rules  of  restoration  and  reduction) sekitar tahun 825 M.
  • —Algoritma : urutan instruksi spesifik secara bertahap yang harus dilakukan dalam menyelesaikan masalah.
Contoh 1 :
Resep membuat Pudding Lemon

—Bahan :

  • —Vanaspati 50 gram
  • —Air gula / sirup 2 sendok makan
  • —Roti tawar 100 gram
  • —Kismis 50 gram
  • —Jeruk 2 buah
  • —Sale jeruk 1 sendok makan
  • —Telur 1 buah

—Langkah – langkah :

  • —Step 1 : Campur vanaspati dan sirup bersama-sama dan aduk hingga vanaspati lunak.
  • —Step 2 : Tambahkan roti tawar, kismis, dan jeruk yang sudah dikelupas.
  • —Step 3 : Aduk sale jeruk, telur, dan jeruk.
  • —Step 4 : Letakkan dalam baskom dan tutup.
  • —Step 5 : Masak selama 1,5 sampai dengan 2 jam
  • —Step 6 : Selesai

—Hasil :

  • —Dua porsi pudding yang sudah siap di alat pemasak
Contoh 2 :
Menjumlahkan 2 buah variabel

—Variabel :

  • —Variabel  A
  • —Variabel B

—Langkah – langkah :

  • —Step 1 : Masukkan nilai variabel A
  • —Step 2 : Masukkan nilai variabel B
  • —Step 3 : Jumlahkan nilai variabel A dan nilai variabel B

—Hasil :

  • —Tampilkan hasil penjumlah kedua variabel
Algoritma
  • —Suatu prosedure/proses secara komputasi yang berjalan dengan baik untuk menghasilkan (beberapa) nilai output dari (beberapa) nilai input yang diberikan.
  • —Algoritma adalah sederetan langkah komputasi yang mentransportasikan input menjadi output yang diinginkan.
  • —Lebih tepatnya, sebuah algoritma hanya dapat digunakan untuk menyelesaikan 1 jenis permasalahan saja.
Elemen – elemen :
  • —Input : data yang akan diolah
  • —Proses : tahap pengolahan data
  • (logika proses dan model matematika yang sesuai)
  • —Output : data hasil proses
Contoh Flowchart :

FlowChart 1.1

Definisi Flowchart :
  • —Merupakan suatu bagan terurut untuk menggambarkan alur yang terjadi pada suatu proses, dengan menggunakan symbol – symbol tertentu / yang sudah ditentukan.
Item FlowChart
Contoh Pseudocode :
—• Menjumlahkan 2 buah bilangan :
—Penjumlahan;
—   Deklarasi Variabel :
—A, B, C : numerik;
—    Begin
—Input(A, B);
—           C:=A+B;
Print(C);
—End
• Menghitung Luas Lingkaran :
      Hitung_Luas_Lingkaran;
       Deklarasi Variabel :
            r, L:numerik;
       Begin
           Input(r);
           L:=3.14*r*r;
           Print(“Luas=“, L);
       End
Definisi Pseudocode
—Merupakan : Penyajian Algoritma dengan menggunakan struktur bahasa tertentu. Struktur yang banyak digunakan adalah struktur bahasa pascal dan C.
Kegunaan Flowchart dan Pseudocode :
  • —Memudahkan penelusuran alur proses.
  • —Mempercepat proses pencarian lokasi kesalahan dalam pemrograman.
  • —Dokumentasi.
Program & Pemrograman :
  • —Program : susunan instruksi (kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya ) yang dirangkai dan disusun manjadi satu kesatuan prosedur, berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah, dan mengimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman, sehingga dapat dieksekusi oleh komputer
  • —Pemrograman : proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Fungsi Pemrograman :
  • —Sebagai media untuk menyusun dan memahami pemrograman dalam komputer.
  • —Sebagai alat komunikasi antara pembuat program dengan komputer.
  • —Sebagai alat komunikasi antar pembuat program.
Bahasa Pemrograman :
  • —Adalah tata cara penulisan program
  • —Terdapat 2 faktor penting, yaitu : Sintak dan Semantik
  • —Sintak  adalah aturan – aturan gramatikal yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi, dan pernyataan.
  • —Semantik adalah aturan – aturan untuk menyatakan suatu arti.
Klasifikasi Bahasa Pemrograman :
  • —Low Level Language (Contoh : Assembly)
  • —Middle Level Language (Contoh : C)
  • —High Level Language (Contoh : Pascal, Cobol, Power Basic)
  • —Object Oriented Language (Contoh : C++, Java, VB, Visual Fox Pro)
 Semoga Bermanfaat
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.
Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: