Logika dan Algoritma

DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Pengantar
  • —Pemrograman  ->  Penting
  • —Komputer  -> Alat Bantu yang “tidak pintar”
  • —Perlu adanya serangkaian instruksi – instruksi yang dapat dipahami.
  • —Untuk menghasilkan program yang benar :
  • —Program yang ditulis, harus bebas dari kesalahan sintaks (tata cara penulisan).
  • —Program harus bebas dari kesalahan logika.
Algoritma
  • —Asal  kata  Algoritma  berasal  dari  kata algoris dan ritmis.
  • —Pertama kali diungkapkan oleh   Abu  Ja’far  Mohammed  Ibn  Musa  al-Khowarizmi, ilmuan  Persia  yang  menulis  kitab  Al  Jabr  Wa’al-Muqabla  (rules  of  restoration  and  reduction) sekitar tahun 825 M.
  • —Algoritma : urutan instruksi spesifik secara bertahap yang harus dilakukan dalam menyelesaikan masalah.
Contoh 1 :
Resep membuat Pudding Lemon

—Bahan :

  • —Vanaspati 50 gram
  • —Air gula / sirup 2 sendok makan
  • —Roti tawar 100 gram
  • —Kismis 50 gram
  • —Jeruk 2 buah
  • —Sale jeruk 1 sendok makan
  • —Telur 1 buah

—Langkah – langkah :

  • —Step 1 : Campur vanaspati dan sirup bersama-sama dan aduk hingga vanaspati lunak.
  • —Step 2 : Tambahkan roti tawar, kismis, dan jeruk yang sudah dikelupas.
  • —Step 3 : Aduk sale jeruk, telur, dan jeruk.
  • —Step 4 : Letakkan dalam baskom dan tutup.
  • —Step 5 : Masak selama 1,5 sampai dengan 2 jam
  • —Step 6 : Selesai

—Hasil :

  • —Dua porsi pudding yang sudah siap di alat pemasak
Contoh 2 :
Menjumlahkan 2 buah variabel

—Variabel :

  • —Variabel  A
  • —Variabel B

—Langkah – langkah :

  • —Step 1 : Masukkan nilai variabel A
  • —Step 2 : Masukkan nilai variabel B
  • —Step 3 : Jumlahkan nilai variabel A dan nilai variabel B

—Hasil :

  • —Tampilkan hasil penjumlah kedua variabel
Algoritma
  • —Suatu prosedure/proses secara komputasi yang berjalan dengan baik untuk menghasilkan (beberapa) nilai output dari (beberapa) nilai input yang diberikan.
  • —Algoritma adalah sederetan langkah komputasi yang mentransportasikan input menjadi output yang diinginkan.
  • —Lebih tepatnya, sebuah algoritma hanya dapat digunakan untuk menyelesaikan 1 jenis permasalahan saja.
Elemen – elemen :
  • —Input : data yang akan diolah
  • —Proses : tahap pengolahan data
  • (logika proses dan model matematika yang sesuai)
  • —Output : data hasil proses
Contoh Flowchart :

FlowChart 1.1

Definisi Flowchart :
  • —Merupakan suatu bagan terurut untuk menggambarkan alur yang terjadi pada suatu proses, dengan menggunakan symbol – symbol tertentu / yang sudah ditentukan.
Item FlowChart
Contoh Pseudocode :
—• Menjumlahkan 2 buah bilangan :
—Penjumlahan;
—   Deklarasi Variabel :
—A, B, C : numerik;
—    Begin
—Input(A, B);
—           C:=A+B;
Print(C);
—End
• Menghitung Luas Lingkaran :
      Hitung_Luas_Lingkaran;
       Deklarasi Variabel :
            r, L:numerik;
       Begin
           Input(r);
           L:=3.14*r*r;
           Print(“Luas=“, L);
       End
Definisi Pseudocode
—Merupakan : Penyajian Algoritma dengan menggunakan struktur bahasa tertentu. Struktur yang banyak digunakan adalah struktur bahasa pascal dan C.
Kegunaan Flowchart dan Pseudocode :
  • —Memudahkan penelusuran alur proses.
  • —Mempercepat proses pencarian lokasi kesalahan dalam pemrograman.
  • —Dokumentasi.
Program & Pemrograman :
  • —Program : susunan instruksi (kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasinya ) yang dirangkai dan disusun manjadi satu kesatuan prosedur, berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah, dan mengimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman, sehingga dapat dieksekusi oleh komputer
  • —Pemrograman : proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman.
Fungsi Pemrograman :
  • —Sebagai media untuk menyusun dan memahami pemrograman dalam komputer.
  • —Sebagai alat komunikasi antara pembuat program dengan komputer.
  • —Sebagai alat komunikasi antar pembuat program.
Bahasa Pemrograman :
  • —Adalah tata cara penulisan program
  • —Terdapat 2 faktor penting, yaitu : Sintak dan Semantik
  • —Sintak  adalah aturan – aturan gramatikal yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi, dan pernyataan.
  • —Semantik adalah aturan – aturan untuk menyatakan suatu arti.
Klasifikasi Bahasa Pemrograman :
  • —Low Level Language (Contoh : Assembly)
  • —Middle Level Language (Contoh : C)
  • —High Level Language (Contoh : Pascal, Cobol, Power Basic)
  • —Object Oriented Language (Contoh : C++, Java, VB, Visual Fox Pro)
 Semoga Bermanfaat
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: